hujan deras

Masa Bodoh dengan TKI, ILO Kritik Pemerintah

Posted on: 21 Desember, 2007

Sumber: http://www.myRMnews.com
Jumat, 21 Desember 2007, 08:19:33 WIB

Jakarta, myRMnews. Organisasi Buruh Internasional (ILO) mengkritik pemerintah Indonesia menyangkut nasib TKI (tenaga kerja Indonesia) di luar negeri. Pemerintah dinilai lamban dan tidak serius membela hak TKI. Buktinya, hingga saat ini, Indonesia belum meratifikasi konvensi ILO tentang buruh migran.

Saat memaparkan hasil studi tentang kebijakan pemerintah atas buruh migran, ILO mengungkap berbagai masalah hukum yang dialami TKI sejak di dalam negeri. Menurut Kepala Penasihat Teknis Proyek Perlindungan Pekerja Migran ILO di Jakarta, Lotte Kejser, itu terjadi karena Indonesia belum meratifikasi konvensi tentang standar minimum pekerja.

Konvensi tersebut mewajibkan pemerintah untuk meningkatkan kualitas, menaikkan standar upah minimum, serta meningkatkan perlindungan pekerja migran yang akan dikirim ke luar negeri atau pekerja asing yang masuk ke Indonesia.

“Tanpa ratifikasi konvensi, posisi tawar pemerintah kepada negara penerima TKI menjadi rendah. Pemerintah dinilai tidak punya komitmen untuk melindungi pekerja migran,” katanya setelah memaparkan hasil penelitian ILO di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (19/12).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Laman

Link

Laci bulukan

Blog Stats

  • 172,133 hits
%d blogger menyukai ini: