hujan deras

Menhan: Kasus “Balibo Five” Harusnya Sudah Selesai

Posted on: 18 November, 2007

Sumber: HARIAN ANALISA
Edisi Sabtu, 17 November 2002

Jakarta, (Analisa)
Menteri Pertahanan (Menhan) Juwono Sudarsono menyatakan bahwa kasus tewasnya lima wartawan Australia yang lebih dikenal dengan kasus “Balibo Five” harusnya sudah selesai 15 tahun yang lalu.

Pernyataan itu disampaikan oleh Menhan di Jakarta, Jumat (16/11) sebagai tanggapan terhadap kesimpulan Pengadilan Glebe Coroners Negara Bagian New South Wales (NSW), Australia, yang menyatakan personil TNI sebagai pihak yang membunuh lima wartawan Australia dalam insiden Balibo, Timor Timur, tahun 1975.

“Itu kan menurut sistem hukum yang berlaku di New South Wales. Kalau yang saya tahu, 15 tahun yang lalu sudah dianggap selesai. Sudah ada temuan dari Jaksa Agung Australia kalau TNI tidak bersalah,” kata Menhan.

Kelima wartawan asing itu, disebut Menhan telah diperingatkan bahwa di Balibo waktu itu bakal ada kontak senjata yang berbahaya bagi peliputan.

“Tapi kita sudah beritahu teman-teman lima wartawan ini untuk tidak memasuki lokasi, dua minggu sebelum kejadian,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Menhan menyatakan bahwa semasa menjabat menjadi Duta Besar Indonesia untuk Inggris, ia sempat bertemu dengan keluarga dari dua korban yang mengatakan bahwa pihak keluarga menganggap kasus itu sudah selesai.

“Saya ketemu dengan paman dan bibinya. Menurut mereka (kasus ini) sudah selesai. Hanya mereka ingin pengungkapan rasa penyesalan. Waktu itu saya sampaikan sebagai Duta Besar kami sama-sama menyesal,” katanya.

Menhan menyatakan bahwa pihaknya tidak akan mengambil tindakan apapun terhadap putusan itu dan menyerahkannya kepada pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Australia.

“Sekarang kita tunggu saja laporan dari KBRI mengenai putusan pengadilan koroner itu,” katanya. (Ant)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Laman

Link

Laci bulukan

Blog Stats

  • 172,133 hits
%d blogger menyukai ini: