hujan deras

Malaysia Akhirnya Akui Rasa Sayange Milik Indonesia

Posted on: 13 November, 2007

Sumber: http://www.myrmnews.com
Selasa, 13 November 2007, 08:38:29 WIB

Jakarta, myRMnews. Pemerintah Malaysia akhirnya menyerah soal polemik lagu Rasa Sayange. Menteri Kebudayaan, Kesenian, dan Warisan Malaysia Rais Yatim telah bertemu dengan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik. Dalam pertemuan itu, Malaysia mengakui lagu Rasa Sayange sebagai lagu asli Indonesia.

Ketua Umum DPP Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu, dan Penata Musik Rekaman Indonesia (PAPPRI) Dharma Oratmangun mengatakan, dalam kunjungan ke Malaysia, lahir kesepahaman antara Jero Wacik dan Rais Yatim. “Persoalan lagu Rasa Sayange selesai. Secara de facto, Malaysia mengakui itu milik Indonesia,” kata Dharma kemarin (12/11).

Pernyataan eksplisit Rais Yatim, menurut Dharma, disampaikan saat acara Temu Jembatan Budaya di Kuala Lumpur kemarin. Dharma merupakan salah seorang anggota delegasi kebudayaan Indonesia. “Oleh Pak Menteri (Menbudpar Jero Wacik) disampaikan bahwa sebagai negara bertetangga, semua persoalan agar diselesaikan dalam konteks masing-masing. Adapun lagu Rasa Sayange sudah bisa dipahami sebagai warisan yang dipunyai Indonesia,” jelas Dharma.

Lagu tersebut memang hidup di masyarakat secara luas hingga ke Malaysia. Karena itu, rakyat Malaysia juga mengenal dengan baik lagu tersebut. “Jadi, tidak ada masalah lagi,” tegasnya.

Jero Wacik saat dihubungi tadi malam membenarkan bahwa masalah lagu Rasa Sayange sudah tuntas. “Sebenarnya, tidak hanya masalah itu yang dibahas. Ada banyak hal,” kata Jero. Sayang, pembicaraan tidak berlanjut karena Jero sedang mengikuti jamuan makan malam.

Sebelumnya, kementerian kebudayaan Malaysia mengakui telah lalai menggunakan lagu Indonesia lainnya. Yakni, lagu Tiar Ramon karya musikus Minang, yang digunakan tarian delegasi Malaysia pada Asia Festival 2007 di Osaka.

Indonesia tidak akan memperkarakan lagu dan kesenian yang dipakai Malaysia. Sebab, Indonesia dan Malaysia masih serumpun. Hanya, Indonesia meminta, jika Malaysia menggunakan kesenian Indonesia, harus diumumkan kepada publik bahwa itu berasal dari Indonesia.

Di Malaysia, selain menghadiri Temu Jembatan Budaya, Jero Wacik membuka Indonesia Trend (Trade, Tourism, and Investment) Expo 2007 di Kuala Lumpur. Itu merupakan pameran produk-produk ekspor Indonesia ke Malaysia. jpnn

25 Tanggapan to "Malaysia Akhirnya Akui Rasa Sayange Milik Indonesia"

Case Closed, tapi koq selalu pihak Indonesia terkesan ‘lemah’ gitu ya?
Atau indikasi kalo bangsa Indonesia adalah bangsa pemaaf??

“Indonesia tidak akan memperkarakan lagu dan kesenian yang dipakai Malaysia. Sebab, Indonesia dan Malaysia masih serumpun. Hanya, Indonesia meminta, jika Malaysia menggunakan kesenian Indonesia, harus diumumkan kepada publik bahwa itu berasal dari Indonesia.”

wah..malaysia..malaysia..
gak puas juga. padahal lagu “anak kambing saya” juga sudah diambil sama malaysia..(diputar pas pertunjukan musical fountain di singapore, diklaim sebagai lagu malaysia).
ck ck ck..padahal itu lagu indonesia.. kalau malaysia mau harusnya jadi “anak kambing awak” donk..

syukurlah…nggak sia-sia para blogger melakukan kampanye lagu rasa sayange..:mrgreen:

orang itu emang punya kita. mereka ngotot aja. ooo kamu ketahuan. ngaku deh sekarang. sukur deh kalau gitu, sebelum orang indonesia pada nggrudug malayasia.

Lhoooo,.. sebentar! Harusnya jangan cuma sampai berhenti di sini dong! Sampai mereka kapok dan janji nggak main klaim sembarangan lagi.

Ingat!
Ini bukan pertama kali Malaysia meng-klaim kekayaan kita, mulai dari kekayaan alam, sampai kekayaan budaya!

So! Untuk Pemerintah! Agak pinter dikit lah .. jangan mau kesrobot lagi!

yah ini baru satu lagu bisa kembali ke indonesia, gimana dengan blok ambalat…?

Alhamdulillah, jika malaysia telah sadar dan meminta maaf, tapi jgn d abaikan masalah tkI yg d siksa d sana. masih ada pr lain nih.

kalau mau jujur, budaya Indonesia juga kan asalnya dari kerajaan Hindu/Budha dan pedagang2 Arab yg mampir ke nusantara yg kemudian berbaur dengan kebudayaan lokal.

klo negara mereka (India & Arab) nuntut ke kita krn kita ngaku2 full budaya Indonesia tanpa ada percampuran, gimana ya?

ya RASAnya memang SAYANG jika harus terlEpas

Wuih, malaysia sudah bersikap kesatriya, skr giliran pejabat Indonesia yang belajar bersikap kesatriya.

nah gitu

Akhirnya…
Malingnya mengaku…

biasanya….
bekas negara terbelakang dan terjajah, negara kecil yang lemah dan minder, akan menutup minder dan keterbelakangnya dg berbuat sok, belagu dan adigang adigung adiguna….
padahal MALINGSIA bukan apa apa dibanding INDONESIA…
malingsia baru anak kemaren sore dalam demokrasi dan budaya…
silakan ambil semua…, karena memang kita kaya dan malingsia tak punya apa apa…

antobilang Archimedesbilang “Eureka!!”…

Kita harus teriakkan “Merdeka!!!!”

Ehmm…saya kira Malaysia kapok karena saat “pembuatan hak paten lagu Rasa Sayange”, situs Visit Malaysia beberapa kali dibombardir oleh hacker Indonesia.

Tapi, akhir yang baik.😀

KLO kabar Anklung gimana PAk…?
Yang itu dah selesai pa belum?

Itu lah … sepertinya pemerintah juga setengah ati tuh ngrusin masalah angklung! Kasian saung-saung angklung di Bandung donk … itu hak kita men .. !

dasar malaysia…..!!!!! ngga punya perasaan…!!!!negara malaysia ngga punya ciri khas atau pun jati diri….!!!bisa meniru dan mengklaim sesuatu yang dianggap pantas buat negaranya….hutan kita habis dibabat oleh cukong kayu ….trus tki kita disiksa….terus apa lagi nih yang mau diakui lagi ama malaysia….merdeka…….!!!!!

[…] Desember 11, 2007 in Tidak terkategori Malaysia Akhirnya Akui Rasa Sayange Milik Indonesia […]

Duh klo saya sih ngeliat malaysia itu dah mulai ngelunjak… dulu kasus pulau, trus angklung, trus lagu ini… apa sih maunya… tapi yah jangan menyalahkan malaysia dulu lah… mungkin kita harus introspeksi diri… ada apa nih dengan Indonesia… mungkin Indonesia harus lebih maju lagi biar diseganin sama negara2 lain… merdeka juga!!!

hooi….

sadar gak sih…..
sampai kapan kita mau diinjak – injak oleh ” tetangga ” sebelah kita itu….

aaaarghhhh….
bikin kuping ma ati panas aja…..

dulu malaysia merebut pulau ambalat dari kita..sekarang lagu rasa sayange..besok2 mau apalagi dya…mau rebut president indonesia???..nyadar dikit loe malaysia..gw brani perang asal negara tercinta tidak ditindas seperti ini..!!!!!!!!

alhamdulilah akhirnya mereka mengakuinya😀

I LOVE

INDONESIA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Laman

Link

Laci bulukan

Blog Stats

  • 172,133 hits
%d blogger menyukai ini: