hujan deras

Sriwijaya dan Yunani Bersaudara

Posted on: 3 November, 2007

detikcom

03/11/2007 18:51 WIB
Palembang – Kerajaan Sriwijaya di Sumatera Selatan, ternyata memiliki hubungan dengan Kerajaan Yunani. Mitos hubungan Alexander Agung dengan sejumlah raja-raja Palembang pun menjadi perhatian serius pemerintah Yunani.

“Dalam sebuah artikel yang ditulis peneliti Perancis, disebut ada garis antara Alexander Agung atau yang lebih dikenal dengan Iskandar Zulkarnaen dengan Sultan Palembang,” kata Dubes Yunani Charalombus Christopolus usai pertemuan dengan Sekda Sumsel Musyrif Suardi di ruang Bina Praja, Kantor Sekda Pemprov Sumsel, Sabtu (3/11/2007).

Diharapkan Christopolus, penelusuran sejarah ini akan menjadi pintu kerja sama antara Yunani dengan Indonesia khususnya Sumsel dalam berbagai bidang. Bidang yang dijajaki mulai dari budaya, pariwisata, ekonomi, bisnis termasuk bidang investasi lainnya.

“Tentunya, adanya hubungan di zaman kerajaan para sultan dengan Yunani memberikan peluang promosi budaya tidak hanya bagi Yunani tetapi juga bagi Indonesia di Sumsel. Malah, potensi budaya ini bisa diperkenalkan melalui ajang pariwisata dunia ke seluruh Eropa,” jelasnya.

Christopolus menjelaskan, Alexander Agung tidak pernah datang ke Sriwijaya. Sebab, perjalanan yang dilakukan sesuai dengan sejarah hanya sampai ke India. Hanya saja, Alexander menanamkan aturan hidup ideal ke seluruh penjuru Asia.

“Di sinilah adanya garis hubungan yang menjadi kontak Yunani. Kalau itu dengan Sumsel atau Indonesia pada zaman dulu,” katanya.

Sementara Nurhadi Rangkuti, dari Balai Arkeologi Palembang menuturkan, hubungan silsilah dua kerajaan antara Alexander Agung dan sultan-sultan Palembang sifatnya legenda. Dijelaskannya, Iskandar Zulkarnain dari Macedonia sudah dikenal sebagai Raja Asia.

“Dalam silsilah Raja Melayu disebut sebagai turunan dari Raja Macedonia. Tetapi, walaupun itu adalah legenda, kita perlu maknai bahwa Iskandar Zulkarnain di Asia sangat populer. Dimungkinkan adanya hubungan dengan para raja di Sumsel kala itu,” katanya. (tw/fay)

5 Tanggapan to "Sriwijaya dan Yunani Bersaudara"

Dubes Yunani tsb merupakan dubes tulen. Ia berusaha mendekatkan hubungan melalui kesamaan2. Salam

Kalo majapahit dan sriwijaya gue tau kalo ada hubungan, tapi kalo ama yunani baru tau tuh🙂

benarkah kerajaan sriwijaya ada hubungan dengan kerajaan yunani tempo dulu,atau cuma sekedar isu belaka.klo emang benar da gak bukti 2 yang mengarah kesana.baru kali ni aku dengar tuh…………………….

wau baru tahu tu menarik banget klu bisa dibahas mata kulia gue ” sejarah nasional indonesia”

dubesnya sriwijaya kan gatotkaca,jadi ya….dia pernah terbang kesono kali yeeee………….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Laman

Link

Laci bulukan

Blog Stats

  • 172,087 hits
%d blogger menyukai ini: