hujan deras

Condi Mulai Gelar Senjata di Timur Tengah

Posted on: 1 Agustus, 2007

Sumber: www.myrmnews.com
Rabu, 01 Agustus 2007, 05:46:38 WIB

Sharm El-Sheikh. Sesuai jadwal, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Condoleezza ”Condi” Rice dan Menteri Pertahanan Robert Gates mengawali tur Timur Tengah mereka kemarin. Ini merupakan buntut rencana transaksi senjata AS dan enam negara Teluk yang dipublikasikan awal pekan. Dua ujung tombak Presiden George W. Bush itu bertujuan menggalang dukungan Arab untuk menandingi kekuatan Iran.

Mengusung janji AS untuk memberikan paket bantuan militer senilai 13 miliar dolar AS (sekitar Rp 119,5 triliun), Condi dan Gates dilaporkan tiba di Mesir kemarin. ”Ini bukanlah masalah quid pro quo (pertukaran seimbang barang atau jasa). Kami ingin bekerja sama dengan negara-negara ini (enam negara yang menjadi mitra transaksi senjata AS) untuk memerangi terorisme,” tandas Condi kepada media, sesaat sebelum meninggalkan Washington kemarin.

Politikus perempuan itu juga memaparkan bahwa dengan menjual senjata-senjata canggih ke Teluk, AS berharap bisa membantu negara-negara sekutunya menghadapi ancaman kelompok teror. Bukan karena AS menginginkan bantuan mereka dalam merekonstruksi Irak. ”Lewat upaya ini, militer masing-masing negara bisa meningkatkan kemampuan dan strategi mereka untuk menghadapi pengaruh Al Qaidah, Hizbullah, Syria dan Iran,” lanjut Condi.

Dalam kesempatan itu, dia tegas membantah tudingan Iran bahwa pemerintahannya berupaya memecah belah Timur Tengah. Menurut dia, transaksi senjata itu dilangsungkan demi kepentingan negara-negara Teluk. ”Ini adalah agenda positif bagi Timur Tengah. Jika terjadi kekacauan di kawasan ini, rezim Iranlah yang patut disalahkan,” ujarnya. Sebab, AS yakin, Iran berada di balik serangkaian aksi teror di Lebanon, Irak dan Palestina. Mulai dari memberikan dukungan moral hingga mempersenjatai organisasi teror yang ada di sana.

Gedung Putih berharap, setelah tur Timur Tengah yang dipimpin Condi dan Gates itu, transaksi senjata dengan enam negara Teluk tersebut bisa langsung terwujud. Selain bertransaksi dengan Arab Saudi, AS juga berencana menjual senjatanya kepada Kuwait, Qatar, Oman, Bahrain dan Uni Emirat Arab (UEA). Namun, sejauh ini masih belum jelas apakah senjata-senjata canggih yang ditawarkan AS itu seluruhnya akan dibayar dengan uang. Mengingat, enam negara Teluk itu juga memiliki produksi minyak yang berlimpah.

Namun, selain melancarkan bisnis senjata AS dengan negara-negara Teluk, Condi dan Gates memang bertugas menghimpun dukungan bagi Irak. Sebelumnya, AS sudah berkali-kali minta bantuan Saudi untuk ikut mengatasi kekacauan di Irak. Belakangan, perlakuan Saudi terhadap pemerintahan Irak yang didominasi golongan Syiah justru mengecewakan AS. Menepis isu tersebut, kemarin Condi justru berterimakasih atas dana yang dipinjamkan Saudi untuk rekonstruksi Irak.

”Kami semua memiliki kepentingan yang sama untuk menjadikan Irak sebuah pemerintahan stabil yang bisa membela negeri mereka sendiri…dan bersatu,” ungkap Condi. Menurut dia, tujuan itu hanya bisa dicapai jika negara-negara tetangga Irak sudah berhasil mengatasi keamanan dalam negeri mereka. Maka, terwujudnya transaksi senjata AS dan negara-negara Teluk itu menjadi satu agenda yang sangat penting.

Kendati demikian, Condi mengaku tidak ada kesepakatan baru yang dicapai dengan negara-negara Arab terkait isu Irak. Hal tersebut dia paparkan dalam konferensi pers bersama Menteri Luar Negeri Mesir Ahmed Aboul Gheit kemarin. Menurut dia, negara-negara tetangga Irak hanya menegaskan kembali janji mereka untuk mendukung Irak dan memberikan bantuan finansial serta politik kepada pemerintahan PM Nouri al-Maliki itu. ”Komitmen itu penting untuk mewujudkan Irak yang bersatu,” tandas Gheit. ap/afp/rtr/hep/jpnn

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Laman

Link

Laci bulukan

Blog Stats

  • 172,133 hits
%d blogger menyukai ini: