hujan deras

Buat Melawan Iran, Rice Jual Senjata ke Arab

Posted on: 29 Juli, 2007

www.myrmnews.com
Senin, 30 Juli 2007, 05:28:40 WIB

Dibalik ambisi perang AS ternyata mereka juga nafsu menjual senjata. Menlu AS Condoleezza Rice dan Menhan Robert Gates terbang ke Timur Tengah dalam rangka mencari dukungan Arab untuk membahas Irak sekaligus menjual senjata.

DITENGAH desakan yang menguat untuk penarikan pasukan AS di Irak, kedua pejabat itu berupaya menegaskan ko­mitmen AS untuk keamanan kawasan dari ancaman Iran dan program nuklirnya.

Rice dan Gates akan mengunjungi Mesir dan Arab Saudi sebelum melakukan perjalanan terpisah ke sejumlah negara di kawasan itu. Di Mesir, mereka dijad­walkan bertemu dengan Konsul Ker­jasama Negara-negara Teluk yakni Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Kuwait, Qatar, Bahrain dan Oman, termasuk bertemu Jordania dan Mesir di kawasan Laut merah.

Dalam kunjungan itu, pemerintah Bush mengumumkan adanya sejumlah kese­pakatan penjualan senjata senilai 20 miliar dolar dengan Arab Saudi dan lima negara Teluk. Disamping itu ada bantuan militer senilai 30 miliar dolar ke Israel dan 13 miliar dolar ke Mesir selama 10 tahun.

Kesepakatan-kesepatan itu bertujuan meningkatkan kemampuan sekutu-sekutu AS di Timur Tengah dan dalam rangka menghadapi sikap ‘Iran yang makin agresif‘, kata seorang pejabat pemerintah.

Kesepakatan-kesepakatan penjualan senjata itu, yang termasuk penjualan berbagai sistem persenjataan canggih, akan menjadi perundingan terbesar yang dilakukan pemerintah AS sekarang.

Para pejabat tersebut mengatakan, senjata-senjata yang dijual ke Arab Saudi diperkirakan termasuk rudal dari udara ke udara di samping mesiu-mesiu serangan langsung gabungan (JDAM), yang ter­masuk bom-bom standar yang dipandu dengan alat presisi cerdik, kata laporan itu.

Mereka mengatakan, tujuan bantuan paket militer dan penjualan senjata tersebut dimaksudkan untuk mem­per­kokoh negara-negara pro Barat meng­hadapi Iran, pada saat rezim garis keras Iran melakukan unjuk kekuatan di ka­wasan itu, kata koran tersebut me­nam­bahkan.

Kesepakatan penjualan senjata tersebut sekarang masih dalam pembahasan selama berbulan-bulan, meskipun AS tidak setuju dengan dukungan Arab Saudi kepada pemerintah Irak dan membawa Muslim Sunni Irak ke dalam proses rekonsiliasi, kata laporan itu. afp/rm

2 Tanggapan to "Buat Melawan Iran, Rice Jual Senjata ke Arab"

memang US itu untung kalau ada perang. justru mereka buntung kalau tidak ada perang. maklum, bisnis militer mereka kan (ada yang bilang) mencapai 1/5 keseluruhan bisnis di US.

seperti penjual pedang jaman samurai yang laris manis bila ada pertempuran antar klan. masuk akal, kan?

menurut saya amerika itukan anaknya israel bukan seperti anggapan slama ini jadi kalau di timur tengah ngak ada perang ngak rame ,karene israel inginnya umat islam hancur lebur oleh mereka sendiri tapi dengan bantuan campur tangan mereka yg sangat2 menginginkan umat islam jangan sampai bersatu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Laman

Link

Laci bulukan

Blog Stats

  • 172,133 hits
%d blogger menyukai ini: