hujan deras

Nonton Kingdom Of Heaven? Siapa takut…

Posted on: 2 Mei, 2005

Saya baru sekali sih menonton film ini, tapi saya tidak mendapatkan pesan apa-apa. Menurut saya film ini masih terlalu sarat dengan propaganda barat yah. Saya tidak melihat adanya kedamaian berarti di Yerusalem dalam versi hollywood itu. Saya melihat beberapa penyimpangan sejarah yang dilakukan semata-mata demi kepuasan Penonton dan ceritanya lentur serta dapat mengalir seperti air. saya tidak mendapatkan literatur yang sah seputar kematian Godfrey (ayah si Balian dalam film itu).

Menurut sebuah buku yang pernah saya baca (sejarah perdaban Islam dari masa kemasa, pengarang lupa), Raja itu di pulangkan oleh Pemimpin koalisi tentara Islam yang berkedudukan di Damaskus, Nurruddin (paman Yusuf Bin Ayub). Karena kekalahan dia di gerbang masuk kota kelahiran Isa tersebut. Nah mengenai Balian sendiri, saya tak menemukan literatur yang akurat mengenai data panglima perang Yerusalem ini.

 Hanya saja saya memang membaca tentang kewalahan yang dihadapi imam dari dinasti Abbasyiah itu untuk masuk ke Yerusalem. Dan memang ada seorang Baron dari Ibelin yang datang ke Yerusalem sesaat setelah kekalahan tentara salib. namun tujuannya datang ke Yerusalem bukan untuk bertempur tapi untuk negosiasi dengan Yusuf bin Ayub (shalahuddin al-ayoubi). sumber mengatakan, Karen Armstrong dalam bukunya, Yerusalem kota tiga iman.

Saya melihat beberapa keganjilan sejak visualisasi dari adegan peradegan film itu. Yaitu adanya kesamaan motif antara pembuat film dengan si pembuat kebijakan dalam pemerintahan Amerika Serikat. Saya mencium jelas adanya propaganda gagal dalam film itu. semua ras ada di dalam crusader, mulai dari orang jerman, italia sampai orang habsy (yaman hitam/afrika).

 Ini persis sama dilakukan oleh Bush ketika setiap kali mengadakan jumpa pers ketika penyerangan ke Irak. yang dipasang di barisan depan itu adalah orang ras kuning, cina, india, sampai orang niger. hal ini menunjukan bahwa Amerika Serikat (baca: pemenang dalam segala hal) adalah sebuah negara demokratis.

Pun dalam visualisasi yang ditonjolkan dalam film yang bersetting pada perang salib itu.

Selain itu saya juga memperhatikan sikap Balian yang melihat para budaknya menggarap tanah milik bapaknya. Hampir semua pengalan gambar menunjukkan 3 orang yang selalu bergandengan tangan. Itu diasosiasikan sebagai 3 pemeluk agama yang hidup makmur di bawah Balian (atau Lord Godfrey).

Pun saya melihat kesan arogansi tentara salib ketika berada di tanah suci itu. Dan diimbangi oleh kebohongan besar yang ditunjukkan oleh seorang yang dekat dengan imam El-ayoubi yang memprovokasi imam untuk merebut yerusalem. itu tidak pernah benar. Dan alasan penyerangan imam ke yerusalem dilatar belakangi terbunuhnya saudari perempuannya (oleh Raymun dari Chatillon) juga salah besar.

 

Saya pernah membaca (kalau tak salah besar) bahwa yang melatari mobilisasi 200.000 orang damascus,serta orang Moor di maroko ke yerusalem adalah bahwa imam sudah merasa didustai. raja yerusalem ketika itu tidak pernah menghukum pelaku pembantaian kaphilah, versi philem holiwud dipenjara, namun setelah raja yang sah mangkat (Baldwin IV, adalah raja yerusalem yang mati muda karena kusta)dibebasin oleh adik iparnya, Guydari Lusignan. Jadi saya lihat film ini masih sarat dengan penipuan dan objektifitas yang memaksa.

 

“Tidak ada yang benar2 netral dalam menyajikan sesuatu. bahkan ibu kita juga begitu.”

Walaupun begitu, saya merekomendasikan film ini untuk ditonton, yeah sekedar hiburan. Murni hiburan plus pertunjukan dan show gratis kebodohan mereka dalam menyampaikan propaganda.


Demikianlah ulasan saya, terlepas dari subjektifitas saya sebagai mahluk beragama.
saya hanya menulis sesuai fakta sejarah dan film yang baru saya tionton kemaren malam di megaria.

wassalamualaikum
salam sejahtera


hom swastiastu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Laman

Link

Laci bulukan

Blog Stats

  • 172,087 hits
%d blogger menyukai ini: